Background

 

  • RSKD Tingkatkan Pelayanan dengan IT, Bisa Cek Ketersediaan Tempat Tidur Tanpa Antre

    RSKD Tingkatkan Pelayanan dengan IT, Bisa Cek Ketersediaan Tempat Tidur Tanpa Antre

    Admin RSUD   11 Nov 2015, 04:34:30

    BALIKPAPAN Peningkatan pelayanan RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) dapat segera dinikmati masyarakat Balikpapan. Dengan mengusung berbasis informasi teknologi (IT), pelayanan ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapat informasi dan perawatan yang cepat serta akurat.

    Direktur RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan Edy Iskandar mengatakan launching sistem IT yang dilaksanakan, Selasa (10/11), ini akan memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi pelayanan dan kualitas pelayanan RSKD. Peningkatan pelayanan ini merupakan realisasi dari gagasan peserta diklat kepemimpian III angkatan II tahun 2015 Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur. Pekerjaan sistem informasi manajemen rumah sakit ini difasilitasi oleh PT Buana Varia Komputama ( BVK )  sejak September lalu.

    “Ini merupakan tahap pertama dari tiga tahap yang kami rencanakan selama setahun untuk agar layanan E-Hospital RSKD menjadi maksimal,” ucapnya.

    Dalam tahap awal ini, ada tiga kemudahan yang dapat dinikmati. Yakni masyarakat dapat mengetahui ketersediaan tempat tidur pasien dengan mengakses website www.rsudkanujoso.com. Dan dengan sistem layanan informasi manajemen pasien berdasarkan nomor HP yang diberikan, masyarakat dapat menerima ucapan terima kasih karena telah berobat, tagihan pembayaran yang harus dibayar, dan jadwal kontrol pemeriksaan secara otomatis.

    “Resume Medis juga dilakukan secara elektronik. Jadi dokter dan pasien menjadi lebih mudah dalam merekam data tanpa menulis dan pasien dapat membaca dengan jelas resume pengobatan dan perawatan mereka,” paparnya.

    Dengan layanan ini, kata Edy Iskandar, penghematan ratusan juta ke depannya dapat dilakukan. “Dapat menghemat biaya kertas karena penggunaan alat elektronik untuk penyimpanan data serta dokumen. Sehingga prosesnya lebih mudah, simpel, serta akurat,” harapnya.

    Selain itu, bagi masyarakat yang merasa kesusahan dengan sistem baru tersebut dapat dibantu dengan adanya dua monitor untuk informasi tempat tidur pasien yang berada di tempat pendaftaran pasien rawat inap (TP2RN) dan unit gawat darurat (UGD).

    “Setelah itu mereka akan dibantu petugas setempat untuk mendaftar,” bebernya. Selain itu, SMS dan telepon melalui Call Center juga disediakan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dengan cepat bila mengalami kesulitan dengan internet.

    Ia berharap dengan adanya sistem ini, masyarakat dapat memperoleh informasi pelayanan RSKD hanya dengan menjelajah internet secara cepat dan jelas tanpa proses antre yang panjang. “Semoga masyarakat Balikpapan dapat puas dengan pelayanan maksimal kami melalui pemberian informasi lewat media elektronik,” ungkapnya. (Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/berita/detail/249253-rskd-tingkatkan-pelayanan-dengan-it.html)

    Kembali