Background

 

  • Balikpapan Kini Jadi Xmart City

    Balikpapan Kini Jadi Xmart City

    Admin RSUD   12 Nov 2015, 17:49:16

    DetikINIT, Balikpapan - Operator seluler XL Axiata melanjutkan program Indonesia Broadband Plan dengan menggandeng sejumlah pemerintah daerah. Kali ini mereka berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan membesut XmartCity.

    Dipilihanya Balikpapan oleh XL Axiata tak terlepas dari banyaknya prestasi yang diraih Kota Banua Patra, baik berskala nasional maupun internasional. Selain itu, visi Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang sejalan dengan tujuan XL.

    "Pak Walikota cukup visioner dan beliau sudah memiliki program yang sejalan dengan visi XL. Karena cocok, kami jalan bareng," ujar Ongki Kurniawan, Direktur Digital Service XL Axiata, Kamis (12/11/2015).

    Program Xmartcity sendiri mengacu pada keputusan badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tentang konsep Sustainable Development Goals. Di mana konsep tersebut menerapkan 17 sasaran.

    Lewat Xmartcity, XL membawa dukungan 5 dari 17 sasaran untuk masayarakat di Balikpapan.Kelima saran tersebut meliputi saranan kesehatan, infrastruktur, komunitas yang berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi serta kerjasama inovasi.

    Dijelaskan Ongki, dalam sarana kesehatan, XL membesut program Hospital Oniline Reservation (HORE) bersama Dinas Kesehatan dan STMIK Balikpapan. Lewat program ini, warga dapat melihat ketersediaan dan reservasi kamar inap di rumah sakit secara online.

    Untuk infrastruktur, operator berwarna biru ini mendirikan data centernya di Balikpapan. Data Center yang berlokasi di Gunung Rambutan itu mengusung desain modular.

    "Ini adalah data center pertama di Indonesia yang mengusung konsep modular dan meraih sertifikasi ISO/IEC 27001," klaim Ongki.

    Untuk membentuk komunitas yang berkelanjutan pihak XL membuatkan web untuk dua panti asuahan, yakni Al-Hidayah dan Aisyiyah. Lewat web tersebut, anak-anak panti dapat menyalurkan kreativitasnya.

    Guna membantu peningkatan ekonomi, XL Axiata pun membantu dua UKM Balikpapan untuk makin berkembang. Dua UKM tersebut adalah Plastikmu dan Detergen Melin. Mereka mendapat bimbingan strategi bisnis agar makin berkembang, salah satunya lewat toko online.

    XL melakukan kerja sama dengan berbagai instansi guna menghadirkan berbagai kemudahan bagi masayarakat. Salah satunya kerja sama yang terjalin dengan Dinas Perhubungan.

    "Masyarakat kini dapat melakukan pembayaran Kir kendaraan menggunakan XL Tunai," kata Ongki.

    Lebih lanjut Ongkin mengatakan program XmartCity tidak akan berhenti di Balikpapan. Mereka akan membidik kota-kota lain di Indonesia, diantaranya Jembrana dan Pekalongan.

    Dalam kesempatan ini, Walikota Balikpapan yang diwakili Asisten 1 Saiful Bahri menyambut baik program XmartCity di kotanya. Ia pun mengatakan dengan adanya program ini dapat membantu pihak Pemkot untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

    "Kemajuan teknologi menawarkan banyak manfaat. Semoga dengan kerjasama dengan XL dapat memecahkan berbagai persoalan di Balikpapan," ungkapnya.

    Kembali